Makanan dan saya

Well, tiba-tiba kepikiran buat nulis soal pola makan ini karena ada beberapa inbox masuk di fb menanyakan ke saya soal gimana saya ngatur porsi makanan :D


Agak sedikit throw back in my old life nih, jadi waktu saya belum pindah ke Bangkok dan belum kenal si hunny saya itu memang nggak pernah overweight tetapi perut saya aja yang menggelembung kayak orang hamil... I used to work in a bank for 3 years, dimana kerjanya setiap hari hanya duduk-makan-duduk, jadi porsi duduk lebih banyak ketimbang jalan, dan saya juga waktu itu merokok, minum alkohol dan tidur nggak tepat waktu, setelah keluar dari bank pun saya kerja di Jakarta i face the same thing plussss pola makan yang nggak karuan.
Waktu itu pagi sampai kantor saya bisa beli gorengan, siang makan sate padang terus after lunch saya pesen bakso *ngoookkk dan semua porsinya nggak sedikit tentu nya, berat saya saat itu mecapai 54-55kg, just for small body like me thats too much (especially tummy area). Waktu itu saya cuek, mikir masih muda jadi harus nikmatin apa-apa sepuasnya, padahal saat itu saya di vonis dokter ada penyakit jantung bocor *pfffttttt (will write about it later), nggak pernah olahraga, tidur nggak teratur, tengah malem masih suka makan mie goreng/nasi goreng, jadi kebayang yah bagaimana beratnya porsi hidup makan saya waktu itu heheheh.

Sampai akhirnya saya kenal si hunny yang notabene punya kesadaran sangat tinggi mengenai kesehatan dan kalo nggak salah waktu itu kami rencana mau liburan ke Phuket and I was complaining about my big tummy sampai akhirnya hunny send me to fitness and practice with personal trainer. Awal itu fitness dan liat pola makan yang disodorin PT saya sepertinya kepala langsung pusing 7 keliling because its totally far from my favorite foods, and ini pola makan yang harus saya jalanin dulu : 


Pagi : low fat milk, nasi merah, ayam rebus or kalo nggak makan nasi ya toast aja plus telor rebus tapi putihnya aja. 
siang : nasi putih boleh sedikit, sayuran, buah dan sedikit daging/ayam itupun harus di rebus.
Dinner : soup sayuran dan sedikit nasi, itupun harus sebelum jam 7 malam, and after 7pm saya hanya boleh makan buah.

1 bulan saya seperti itu dan dilarang keras makan apapun yang di goreng, untung nya penyiksaan itu cepat berlalu karena selain disiplin makan,saya pun disiplin sekali latihan jadi berat saya belum turun banget hanya saja otot di perut sudah jauh lebih kelihatan.

PT saya bilang kalau goal saya sudah tercapai maka saya bisa lagi makan macem-macem tetapi dengan porsi yang jauh berkurang, pas denger itu tetep aja kepala nih mikir apa bisa ya?, secara saya suka jajan dan makan. Pelan-pelan saya coba ikutin setiap omongam PT saya dan pastinya advice dari si hunny terus juga mulai ganti bacaan jadi majalah womens health atau majalah kesehatan lainnya.

Awalnya sangat tersiksa sih coba jalanin pola makan yang beda sama sebelum nya, firts of all saya bukan pecinta dan pemakan sayur, so its kinda very hard for me trying many new veggies, secondly habit makan itu sudah saya punya bertahun-tahun jadi nggak mungkin di rubah dalam waktu 1 bulan, 

Untungnya dalam hal ini si hunny punya peranan penting banget, beliau kan orang nya makan nya teratur, nggak banyak-banyak banget juga jadi pas sudah pindah ke bangkok sama beliau ya saya jadi kebawa pola makannya beliau yang tanpa sadar justru membawa banyak nilai positif ke program makan saya.

Sekarang berat badan saya 48kg dari yang 3th lalu 54kg, dan sudah 2th ini berat badan saya stabil, naik paling hanya di 49kg, apakah saya diet? NO!, saya lebih suka dibilang mengatur pola makan dari pada diet, kadang kalo kita bilang diet itu sepertinya menakutkan sekali, karena ada orang yang diet sampai nggak makan nasi seharian dimana menurut saya itu kesalahan besar karena tubuh kita pun perlu karbohidrat.

Buat saya untuk punya badan yang ideal bukan berarti harus menyiksa badan itu sendiri, justru kita harus bikin badan kita sehat dengan memberikan asupan-asupan gizi yang baik ke badan dengan cara yang teratur dan tidak berlebihan. Olaharaga itu juga nggak akan bohong, cari olahraga yang kita suka kalau saya sudah terbiasa nge-gym so itu yang saya lakuin.

Now i can eat whatever i want to eat, tapi saya bener-bener watch the portion yah, biasanya saya sarapan hanya dengan segelas milk, telor rebus, fruit or toast, siang nya makan agak berat seperti nasi/noodle dan malam saya bikin agak ringan atau sebaliknya, oh ya... saya juga nggak pernah makan lewat dari jam 7 malam (hanya kalau harus terpaksa), diatas itu paling snacks or fruits.

Saya udah nggak bisa lagi makan dengan porsi besar sekarang, its just automatically happen!, saya bisa bilang "No, I'm full" disaat saya tahu padahal masih ada space di tummy ini :D, saya bisa mulai makan banyak sayuran dan rasanya nggak enak kalo makan nggak pakai sayur, terus kalau harus terpaksa menggoreng pun saya gunakan minyak yang sedikit sekali dan minyak nya itu saya pakai corn oil or canolla oil plus hanya sekali pakai goreng dan buang. Untuk deep fried biasanya kalo sudah matang saya akan keringkan dulu dengan kitchen towel, sampai minyak dimakanan itu semua nempel di kitchen towelnya. Btw saya nggak pernah masak juga dengan MSG/vetciin, beras juga ganti dengan organic brown rice or organic white rice.

Intinya semua nggak ada yang instant, instant hasilnya instant juga survive nya... saya lebih pilih cara alami untuk menjaga kesehatan, yang paling penting kita harus tahu dulu kebutuhan tubuh kita, jangan maen asal diet tapi nggak memperhatikan gizi yang ada kita menyiksa badan dan mengundang penyakit. Tidur cukup (7-8 jam perhari) juga akan membantu badan kita untuk lebih fit, now saya pergi ke fitness at least two times/week, bosen? sometimes pastinya, after years doing it tapi kalau lihat hasil yang diperoleh dari rajin fitness agak mikir juga kalo mau males :), or kalau lagi bosen ya saya berenang at least twice/week (i was lucky because i have my swimming pool on the back of my house),and jalan kedua anjing saya at least two times everyday.

Fitness is not about being better than someone else, its about being better than you used to be.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar