Resep Bolu Kukus Mekar mudah dan enak

Hai hai... due to the high demand (hahahaha), akhirnya saya decide untuk tulis eksperimen saya last night bikin kue bolu kukus mekar. Actually saat awal mau coba dan baca-baca banyak resep agak khawatir juga kalo resepnya akan gagal atau yang sering kejadian katanya bolunya nggak mekar.

And I was so happy, karena bolu kukus mekar yang saya bikin berhasil alias mekar semekar-mekarnya hehehe. So i would be very happy to share with all of you... 
my 1'st bolu kukus mekar

Saya biasa buka resep dari Sajian sedap karena banyak saya coba resep dari mereka dan rata-rata berhasil, resep berikut saya ambil dari web mereka tapi saya modifikasikan sendiri :)

Bahan-bahan :
2 butir telur
200gr gula pasir (karena saya nggak suka manis, gula pasir nya saya reduce sampai 125gr)
2 sendok teh emulsifier (kalo di indo biasanya SP/TBM)
275gr tepung terigu protein sedang a.k.a all purpose flour (saya hanya pakai 250gr)
1/2 sendok teh baking powder
225ml minuman bersoda/soda water yang tawar (saya pakai sparkling water)
1 sendok teh vanili esens 

Cara membuat :
1. Kocok dengan high speed telur dan gula beserta emulsifier selama 10 menit or maksimal 15 menit (tidak disarankan mengocok adonan melebihi waktu tersebut).

2. Ayak tepung terigu beserta baking powder lalu masukan secara bergantian kedalam adonan telur dengan air soda/sprinkle water, sambil dikocok dengan low speed, terakhir masukan esens vanili dan aduk rata sebentar saja.

3. Ambil kira-kira 50-75gr adonan dan tambahkan pewarna yang di inginkan (kalau saya, saya campurkan cokelat bubuk karena tidak suka masak dengan pewarna makanan).

4. Sendokan adonan putih kedalam cetakan bolu kukus yang telah diberi kertas roti, setelah itu baru masukan adonan warna lainnya.

5. Kukus dengan api besar selama kurleb 10-15 menit.

Nah its quite easy kan, dan bahan-bahannya juga mudah di dapatkan, btw this cake memang agak a bit tricky, so here are few tips based on my experience making this steam cake :

1. Jangan melebih-lebihkan takaran bahan, dikurangin masih ok tapi kayak untuk gula or tepung saja.
2. Perhatikan lamanya mengocok, jangan melebihi 15 menit, kalau saya malah hanya 12 menit.
3. Isi adonan sampai penuh (sampai bibir cetakan kertas).
4. Panaskan steam pan kita dengan baik, benar-benar harus sampai panas dan jangan mengurangi api nya, cek selalu juga air nya, jika dirasa mulai seidkit bisa ditambahkan lagi.
5. Kalau mau buat warna-warni, selalu taro adonan putih duluan, kenapa? karena saya coba taro adonan putih diatas tetapi kuenya malah nggak menarik mekarnya.

Okay, selamat mencoba guys, and good luck ^_^


Love,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar