Syarat Menikah dengan warga negara Belanda

Dear all,

img by google
Kali ini saya ingin share pengalaman saya belum lama ini urus-urus surat untuk menikah di catatan sipil, ohya buat yang muslim mungkin bisa klik disini (blog salah satu teman saya). Proses surat-surat menikah sipil ini sebenarnnya nggak susah ya selama kita jelas punya akta lahir-kartu keluarga-KTP, tapi ya pastinya kalau yang namanya mau menikah selalu ada kan yah temptation nya :D kemaren sempet stress dibuat sih dengan regulasi yang satu instansi dengan instansi terkait lainnya ternyata beda-beda. Tapi puji Tuhan semua beres sesuai waktunya...


Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pihak wanita (WNI) :
1. Urus ke RT/RW dulu surat pernyataan belum pernah menikah yang nanti ditanda tangani oleh kita sendiri diatas materai Rp. 6000 (bawa KTP, KK, Akta lahir... siapin semua copy nya juga yah)
2. Minta juga di RT surat rujukan untuk ke kelurahan (isinya surat keterangan untuk menikah).
3. Setelah di proses RT, biasanya RW hanya tinggal tanda tangan. (Prosesnya harusnya cepet sih kalo Pak RT/RW nya nggak ribet, saya sendiri cuma 1 hari selesai)
4. Setelah semua selesai kita tinggal ke kelurahan, syaratnya bawa copy KTP, KTP orang tua, copy KK, copy akta lahir, copy dan asli semua surat dari RT/RW. Nah kalau orang tua sudah bercerai dan kasusnya seperti saya (nggak tau keberadaan ayah kandung) kita tinggal bawa copy surat cerai orang tua saja. Proses ini sehari juga selesai, nanti di kelurahan dapat surat rekomendasi ke kecamatan dan formulir N1-N4.
5. Ketika di kecamatan juga sebaiknya kita bawa semua syarat yang sama seperti di kelurahan ditambah copy semua surat yang dari kelurahan (termasuk formulir N1-N4), di kecamatan sendiri juga nggak lama, sehari selesai, karena saya menikah di Bali jadi surat keterangan yang di dapat dari kecamatan adalah surat ijin menikah di Bali.
6. Seharusnya sih dapat surat ijin menikah juga dari catatan sipil dimana KTP kita berada, tetapi karena satu dan lain hal saya tidak bisa mendapatkan surat tersebut, dan akhirnya agent yang urus pernikahan sipil saya di bali bilang surat yang sampai kecamatan saja cukup karena sudah ada keterangannya ijin menikah di Bali.
7. Foto berdua latar biru dengan ukuran 4X6 sebanyak 10 lembar.
8. Copy KTP calon pengantin WNI
9. Copy KTP saksi (2 orang), bukan orang tua atau saudara kandung.
10. Formulir N1-N4 yang telah didapatkan di kelurahan.
11. Copy prenuptial agreement/Perjanjian pranikah yang harus disertakan sebelum menikah.

Ps : untuk di tahap RT sampai Kecamatan semua sih sebenarnya gratis, tapi biasalah kita kasih uang tanda terima kasih saja. :D

Syarat-syarat menikah sipil di Indonesia untuk Pria (warga negara Belanda) nya adalah :
1. Passport (copy) yang masih berlaku
2. Akta kelahiran (kutipan terbaru tidak boleh lama dari 3 bulan dari tanggal pendaftaran di catatan sipil)
3. Surat keterangan status (single/divorced) yang tidak boleh lebih tua dari 3bulan dari tanggal dikeluarkan.
4. Bukti surat cerai (jika pernah bercerai), copynya saja.
5. Semua dokumen yang berbahasa Belanda/Inggris harus di translaete kedalam bahasa Indonesia.

Nah untuk surat keterangan status (single/divorced) ini harus diurus di kantor kedutaan besar Belanda atau di konsulat Belandanya. (saya urus di konsulat Belanda di Bali) syarat nya adalah :

1. Copy passport 
2. Kutipan akta lahir terbaru (di urus di Belanda)
3. Surat keterangan status (di urus di Belanda)
4. Surat bukti perceraian (copy dan asli dibawa)
5. Copy KTP pihak wanita yang WNI

Prosesnya cuma nggak lebih dari 30 menit dan nggak perlu janjian dengan biaya kalau tidak salah 30 euro equivalent Rp. 450,000. Karena saya diurus agent, bukan berarti sih kita nggak akan direpotkan tapi setidaknya saya hanya cukup mengurus sampai collecting surat-surat yang terkait dengan diri saya, setelah surat semua selesai dari kedua belah pihak untuk ke catatan sipilnya ya agent saya yang urus.
Untuk pernikahan legal di Bali, kami memang harus meguras kocek yang lumayan juga, kemarin kami kena $1000 harusnya $1100 tapi di diskon,jadi kalau di rupiahkan ya sekitar 13juta rupiah :D fantastis ya hahaha untuk nikahnya sekali, btw fee tersebut tidak termasuk fee translete dokumen, embassy, baptis (bagi yang pasangannya belum di baptis).

Ohya ada cerita tambahan :
Saya kan katholik, tetapi di Bali katholik itu tidak boleh menikah di luar gereja, jadinya saya setuju untuk menikah secara protestan (well, anyhow saya juga banyakan ke gerejanya protestan), tetapi karena pasangan saya unbeliever jadi harus pakai syarat tambahan yaitu baptis secara protestan di gereja Bali, jadi pasangan saya masuk jadi jemaat disana, sedangkan untuk saya nya yang Katholik karena telah punya surat baptis secara katholik jadi tidak perlu di baptis lagi, cukup bawa surat baptis dari gereja katholik saya saja.

I'm so happy sih semua hal yang menyangkut pernikahan secara agama dan sipil sudah selesai 2 bulan sebelum hari H, jadi setidaknya bisa lebih rileks. Ohya untuk legal wedding di Bali saya dibantu oleh Bali Jepun Wedding, silahkan klik disini untuk contact mereka. Can't describe more deh except they really helpful and great services.


I'm happy!!! yeay.....

16 komentar:

  1. Halo Mbak,
    Blognya membantu sekali,
    Kebetulan saya juga akan menikah dgn WN Belanda.
    Saya boleh tanya Mbak?
    Waktu di Bali apakah Mbak mencari gereja sendiri utk pemberkatannya?
    Berapa lama persiapan Mbak untuk mengurus berkasberkas2nya?
    (H-3 bulan ato berapa)
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi stevi,

      Thx for visiting my blog.

      Aku urus sebenernya 6bln sebelum hari H, tp ternyata plan changing nikah di Bali, jd kira2 persiapan urus dokumen 3bln sebelum hari H, dan submit dokumen 2bln sbelum hari H. Untuk gereja dari pihak Bali jepun (my WO untuj legal) yg urus say. Semua akan dikondisikan sesuai situasi kita dan selama tdk melanggar aturan disana, yg pasti kalo Katolik akan lebih complicated.
      Semoga jelas ya dgn jawabannya, just feel free to ask me kalo masih ada yg ingin ditanyakan.

      Good luck,
      C

      Hapus
  2. berapa lama kira2 proses persyaratan itu smua? saya rencana pulang ke indonesia dengan pasangan WNBelanda saya. tapi cuma bisa sbulan dan aku gatau kalo waktunya cukup apa ngga untuk ngurusin smua itu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi There, sorry for late reply :)

      Klo km masih di Belanda better ask ur bf buat minta surat keterangan status (single/divorced) dan kutipan akta kelahiran terbaru dari gemente setempat. Nah kedua surat itu tidak boleh lebih dari 3bln usianya sejak tgl pembuatan, nanti itu yg dipakai untuk dpt CNI dari kedutaan belanda di indo. Kalo surat itu sudah siap dan surat dari kmu juga sudah siap prosesnya nggak akan lama kok, nggak akan sampai 1 bulan or maximum 2 minggu deh.

      Good luck ya :)

      Hapus
    2. Makasih!!!

      Hapus
  3. Kalau akunya diindonesia bfnya di belanda apa saja yg harus diurus kaka mksih...apa aku harus belajar bahasa belanda juga.nb:kita biasa komunikasi pake bahasa inggris dan saya gak bisa bahasa belanda.trus kalau aku mau dibawa di belanda susah gak ya peesyaratannya?makasih kaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Luki,

      Untuk syaratnya sudah saya mention di postingan saya ya, jelasin aja ke bf kamu apa tentang surat2nya... dia pasti ngerti.

      Soal kamu mau pindah pastinya kamu harus belajar bahasa belanda dulu dan lulus tes di kedutaan belanda di jakarta, kalau kamu belum bisa lulus tes walaupun sudah menikah kamu tetap akan hanya dapat visa visit saja bukan visa untuk tinggal dibelanda.
      saya nggak tinggal di belanda jadi kurang paham soal persyaratan tinggal disana secara detail, sebaiknya kamu menghubungi kedutaan besar belanda... di email saja, nanti mereka pasti kasih info.

      Good luck,
      C

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Hi, salam kenal :)

    Saya mau nanya, kalau yang minta surat ke kedutaannya, bisa kita aja, atau orang yang bersangkutannya harus ikut?
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Dewi,

      Maaf banget ya, aku baru cek satu2 komen nya... ini udah lama banget :( semoga belum telat yah, aku tahun lalu dengan calon ku yg ke kedutaan untuk minta surat CNI nya.

      Once again so sorry ya, semoga belum telat.


      Regards,
      C

      Hapus
  6. Hai mbak .. Saya sedang process minta CNI Dan sedang dikirim Dari belanda ke Indonesia .. embassy hanya memberi versi bahasa English & Nederland .. Pertanyaan saya apakah perlu saya translate ke bahasa Indonesia untuk di serahkan ke KUA ?
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi qQueen,

      Sorry aku baru banget cek komen :(

      setahu aku waktu di catatan sipil sih nggak ya, kalau di KUA yang aku tau dr teman2 ku tergantung KUA nya, ada yang minta di translate ada yang kamu bisa kasih aja langsung versi inggrisnya.

      Semoga membantu ya,

      C,

      Hapus
  7. Sis aku lagi ngurus dokumen2nya... cuma ini buat minta surat keterangan single dia aja aku disuruh minta surat ijin nikah yg sudah di translate ke inggris, akte kelahiran translate ke inggris, pasport semua nya harus dilegalisasi ke kapolda lalu ke kementrian luar negri lalu dibawa kekedutaan belanda terus kirim ke belanda baru surat keterangan sigle dia bisa keluar... OMG rempong selaki belum yg urusan KUA Looooh... apa peraturannya ganti ya...? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sewaktu bulan juni 2016 suami saya ngurus Surat keterangan single di gemeente tempat tinggalnya tidak perlu syarat hanya passport karena suami bilang akan menikah di Indonesia,kemungkinan tiap gemeente beda syaratnya ,tapi akte calon istri akan di perlukan juga untuk syarat visa mvv jadi kalau di urus juga gpp sist karena akte lahir di Indonesia gak ada masa berlaku nya juga ,beda dengan akte lahir calon pria di belanda ada masa berlaku 3 bulan .

      Hapus
  8. Hallo mbak saya mau tanya.. waktu itu akte kelahiran yang di translate ke bahasa indonesia perlu di legalisir gak sebelum di kasih ke catatan sipil? terima kasih

    BalasHapus
  9. Hai mba, kebetulan saya juga ada rencana untuk nikah tahun depan,0 ada beberapa hal yang aku mau tanya juga dong, apa saya bisa minta alamat emailnya? Thank you

    BalasHapus