Tips mempersiapkan pernikahan





Well setelah pagi tadi sharing tentang hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menikah click here kali ini saya mau share tips mempersiapkan pernikahan based on my own experienced.

1. Budget : Sebaiknya pertimbangkan dulu budget pernikahan kita, agar semua sesuai jangan main booking sana-sini tanpa kita lihat budget kita, yang bikin budget aja bisa bengkak apalagi kalau hanya yang main booking dan biasanya para vendor juga suka nanyain nih "budget anda berapa?". So keep this budget thing on your number one lists yah...

2. Konsep : Well konsep ini penting nggak penting tapi ternyata penting, hahahaha jadi kita harus discuss dulu sama pasangan atau keluarga konsep nya mau seperti apa pestanya, mau undangan kah?, mau outdoor or indoor atau pool party. Awal pernikahan saya akan diadakan di Jakarta dengan mengundang tamu, tapi kita mau konsep nya santai dan kekeluargaan jadi otomatis kita hanya fokus cari tempat-tempat yang sesuai konsep kita, selain nggak wasting time jadi less stress juga karena kalo pake liat yang lian-lain pasti deh kepingin ganti konsep lagi.

3. Tanggal, waktu dan tempat : setelah tahu konsep pestanya baru deh kita hunting tempat sesuai dengan konsep acara kita, oiya tahap ini wkatu dan tanggal juga sudah harus ditentukan, karena biasanya vendor tempat nih kalau kita tanya untuk sewa pasti hal pertama yang mereka respond adalah "untuk tanggal berapa?".

4. Undangan dan souvenir : nah saya sih hanya hampir merasakan tahap ini, waktu itu sudah sempat survey undangan dan souvenir yang ternyata membutuhkan waktu lama samapi ke proses jadinya, so better hal ini dipersiapkan at least 3 bulan sebelum hari H. 

5. Wadrobe and make up : Tahap ini yang bikin saya sempat pusing pala barbie :D, bayangin aja sewa baju pengantin bisa sampai puluhan juta, dan gaun yang saya mau diharga 15juta cuma buat sekali pakai dan sewa :D itu rasanya sakit dimana-dimana hahaha, saran saya banyak-banyakin buka situs kayak weddingku.com deh, banyak vendor disana yang menawarkan harga paket spesial sewa gaun dan make up, kecuali kalau kalian memang punya budget lebih tersendiri untuk ini. At the end saya beli sendiri di Bangkok dengan harga Rp. 10juta, masih mahal juga sih tapi setidaknya saya punya dan bisa dijual juga next time.
Untuk make up saya akan bagi-bagi tips memilih wedding make up again based on my experienced di postingan selanjutnya oke!.

6. WO or Do it your self : Buat yang punya waktu banyak mungkin mengatur sendiri jauh lebih enak yah, waktu rencana awal di jakarta saya rencananya atur semua sendiri dengan dibantu beberapa orang yang akan saya percaya saja, karena ya itu kan saya kebetulan punya banyak waktu luang, tapi akhirnya pun ketika kami memutuskan pindah nikah di Bali saya mencari sendiri tempat dan contact wedding venue kita. Setelah deal baru semuanya otomatis pihak venue yang atur sampai keurusan legal dan menurut saya jauh lebih handy sih, paling mereka yang sibuk dan saya cuma tinggal ditanya-tanya aja mau nya apa dll.

Puji Tuhan semua persiapan pernikahan saya sudah ready 2 bulan in advance, semua cepat selesai mungkin juga karena ini private party ya yang nggak undang banyak orang, tapi jutsru dalam masa mau ke wedding day ini saya jadi sangat relax, persiapan keseluruhan dari awal sekitar 5 bulan (sudah termasuk juga perubahan rencana menikah di Bali). Intinya don't panic, during your wedding preparation akan selalu ada masalah tapi setiap masalah pasti ada jalan keluar, so enjoy the step by step karena kemungkinan kita hanya mengalaminya satu kali saja dalam hidup.



Love,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar