All about hair... jenis perawatan, masalah rambut dan produk! (part 1)

Holllaaaa,

Back again, seneng rasanya saya sudah bisa kembali ke Bangkok, kumpul dengan hunny dan dua anak kaki empat saya, peran jadi IRT pun akan segera kembali normal, walaupun pas sampai rumah ternyata rumah saya lagi di renovasi jadi masih berantakan banget.

My brown hair, need very high maintain to have this "good looking hair" (at least utk rambut rusak saya)

Kali ini saya mau share tentang perawatan rambut, rambut adalah mahkota wanita! yup I'm totally agreed with that, kenapa? rambut itu mau nggak mau, suka nggak suka akan jadi hal yang paling terlihat dan selalu nempel sama kita. Sejak 3 tahun yang lalu saya mulai manjangin rambut, sebelumnya saya nggak pernah punya rambut panjang, dari mulai manjangin rambut sebenernya nggak ada masalah sampai akhirnya saya mutusin di warnain dan kena bleaching, dan semua berawal dari situ....

By the time, saya banyak belajar tentang rambut dan perawatan nya serta produk-produk yang akhirnya jadi teman untuk merawat rambut saya yang rusak (kering, kusut, susah diatur). Mulai dari shampoo dan conditioner, hair spa product, serum vitamin, hair tonic dll. I knew its not natural way, masalahnya saya orangnya ga gitu telaten jadi lebih milih product yang sudah ada di pasar dan pastinya saya "pelajarin" dulu produknya.

My black hair, nah semua kerusakan bermula dari pewarnaan rambut hitam, lucky me bisa booster dengan perawatan rambut.

Lets get started...

Pasti banyak dari kita yang suka pakai shampoo tanpa conditioner! termasuk saya dulu hheheheh padahal shampoo dan conditioner itu saling melengkapi, dulu sih alibi saya karena rambut saya tipis dan sudah halus, kalau pakai conditioner malah lepek, weits.... ternyata saya salah, nggak cuma salah pengertian tapi salah cara pakai conditioner. Saya share tips singkat soal shampoo dan conditioner ini yah :

Shampoo dan conditioner adalah produk yang dibuat yang memiliki fungsi sama penting untuk membersihkan dan merawat kesehatan rambut, jadi mereka saling melengkapi....

  1. Sama-sama berperan menggantikan minyak alami yang terdapat pada rambut, kalau bahan yang terkandung dalam shampoo berfungsi untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, maka kondisioner ini akan melakukan tahap selanjutnya yaitu merawat kesehatan rambut dengan cara menggantikan minyak alami dengan kadar minyak yang rendah agar rambut tidak menjadi kering.
  2. Fungsi lainnya adalah untuk merapihkan kutikula rambut, dimana kalau kita pakai shampoo, rambut yang tersusun dari kutikula akan jadi "acak-acakan", nah kondisioner berfungsi untuk merapihkan kutikula tersebut sehingga rambut yang which is terdiri dari susunan-susunan kutikula akan jadi rapih juga.
"Rambut saya jadi lepek banget kalau dpakaikan kondisioner dan malah jadi ketombean?!" statement dari salah satu teman saya ketika kami sedang asik ngobrol soal rambut, well jawabannya gampang, pasti ada yang salah dari kita, entah kita yang gagal paham soal jenis rambut kita, atau kita yang gagal paham soal pemakaian kondisioner yang ternyata ada cara-caranya.

Soal jenis rambut, treatment dan produk yang biasa saya gunakan nanti akan saya share di postingan selanjutnya yah, kali ini saya mau share dulu soal shampoo and conditioner serta cara tepat pemakaiannya agar terhindar dari masalah rambut lepek ataupun jadi ketombean.

Tips cara pakai kondisioner :
  1. Masalah rambut lepek dan ketombean setelah pakai kondisioner disebabkan karena kita sering make kondisioner keseluruh bagian rambut bahkan sampai ke kulit kepalanya... hayooo ngaku????!!!, so do I... waktu dulu ke salon dan saya perhatiin stylish saya nggak makein kondisioner ini keseluruh rambut langsung dong saya nanya, dan jawaban dia surprise banget "pakai kondisiner itu cuma setangah dari rambut, ga perlu sampai kulit kepala".
  2. Pastikan dulu rambut bersih dari shampoo, dan peras air di rambut baru kita bisa pakai kondisioner.
  3. Tunggu paling tidak 3 menit, setelah itu bilas yang bersih... inget ya pakainya setengah bagian rambut.
  4. Bilasan sisa kondisioner harus dipastikan bersih dan tidak menyentuh kulit kepala, nah kalo kita pakai kondisioner terus ketombean setelahnya itu dipastikan karena selain kena kulit kepala, pada saat bilas pun kita nggak bersih, jadi sisa kondisioner nempel di kulit kepala yang berakhir jadi seperti ketombean.
Kayaknya simple banget ya, tapi masih banyak dari kita yang belum tau ternyata setelah bertahun-tahun pakai shampoo (just like me) heheheh thats why saya mau share soal ini, karena hal ini kayaknya simple and basic, tapi penting banget buat kita ketahui.

Ok girls, tulisan selanjutnya saya akan bahas tentang jenis rambut dan perawatannya, plus referensi produk yang sudah, sedang dan sering saya gunakan. Will post part 2 nya soon yah... semoga tulisan ini bermanfaat tanpa bertujuan menggurui atau merasa paling ahli. Monggo silahkan di share atau kalau mau kasih tambahan tips boleh loh hehehehe....





Love,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar