Suka Duka Kuliah Online (Jeritan hati seorang mahasiswi yang berstatus istri dan berlabelkan blogger)

Hi Peeps,


Mungkin sudah banyak dari kalian dengar mengenai kuliah online, yup belajar online a.k.a jarak jauh adalah salah satu solusi praktis untuk kita-kita yang karena jarak dan waktu memiliki halangan untuk berkuliah reguler.

Sudah 2 tahun ini saya berkuliah online di Binus University majoring Marketing, saat ini saya sudah sampai semester 5, perjuangan untuk survive kuliah online ini nggak gampang ternyata pemirsah. Awal saya "terjebak" kuliah online karena salah satu cita-cita saya adalah untuk berkuliah S1, dan kuliah tersebut sempat tertunda karena kesibukan kerja dan dulu nggak mungkin banget kerja segitu sibuknya dan saya harus masih kuliah, jadi 3th lalu waktu pindah ke Bangkok dan menyadari saya memiliki banyak waktu luang akhirnya saya bilang ke hunny kalau mau lanjut kuliah, karena hal ini positif jadi saya rasa nggak ada alesan beliau untuk bilang nggak *heeee :D

Tahu Binus ada online nya sebenernya hasil dari mbah google, saya nggak tau kalau kampus se-well known Binus memiliki sistem online, jadi pas saya tahu mereka punya kelas online langsung deh saya cari info sebanyak-banyaknya, dan ternyata semua oke!. Keputusan kuliah di Binus bukan tanpa alasan, siapa sih yang nggak tau Binus? salah satu universitas ternama di negeri ini, jadi lumayan kan kalau lulus dengan predikat alumni Binus compare dari pada alumni universitas maju mundur bla bla bla yang ujung-ujungnya ternyata universitas palsu yang sedang ramai juga dibersihkan oleh pemerintah kita.

Buat yang berfikit kuliah online itu gampang dan enak (karena ada kata-kata online nya kali ya) simak deh tulisan saya ini:

1. TUGAS : a.k.a assignment, well kata siapa anak online tugasnya nggak seberat anak reguler?, tiap minggu anak online-pun pasti dan wajib di bombardir oleh tugas-tugas kuliah, bagus kalo term nya cuma dapet 2 subject, kalo 3 subject itu yang sering bikin pusing kepala barbie. Plus kalo anak reguler dead line nya yang bikin dosen, dan kalo kita telat2 dikit masih dimaafkan tetapi tidak dengan anak-anak online pemirsah, yang kasih dead line itu sistem, kalo sistem nya udah di close yaudah deh wassalam.
Tugas ini juga dibagi dua, ada individual ada juga kelompok, nah yang sering bermasalah adalah tugas kelompok, saya sampe berantem sama salah satu temen baik saya hanya karena tugas kelompok. Susahnya ikatan "kebersamaan" anak online tuh dikit banget, apalagi kalo dapet anggota kelompok yang nggak tau diri, nggak ngerti arti tugas kelompok adalah tugas yg dikerjakan bersama, dengan alesan sibuk kerja dll blah.... buat saya kalo alesan sibuk mah udah nggak kepake, itu sih balik ke isi otak dan hati individu masing-masing aja. Saya sih ketat banget soal tugas kelompok, kalo nggak partisipasi ya saya nggak akan segan langsung ngomong ke dosen untuk dicoret tuh nama orang.

2. ABSENSI : absensi???? how???... jadi anak online di Binus itu punya LMS (Learning management system), sistem belajar kita tuh mulai dari jadwal kuliah, bayar kuliah plus tugas2 semua ada di LMS tersebut, termasuk juga class room... di class room tiap minggu dosen akan lempar pertanyaan dan mahasiswa wajib jawab or berdiskusi di class room dengan jumlah postingan minimal dua, kalau nggak sampe dua ya nggak dapet nilai dan itu yang dijadikan absensi.

3. Interaksi dengan dosen yang minim : well, bukan berarti kita nggak komunikasi sama sekali sama dosen, maksud saya minim disini ketika kita ada masalah dengan pelajaran dan perlu bimbingan dosen kita nggak bisa langsung nanya, kalau posting di class room pun belum tentu langsung di bales, suka sampai class room nya di locked nggak ada jawaban dari dosen, jadi ya sudah kebanyakan belajar sendiri deh.

4. Sistem yang masih suka down : Kalau anak reguler nggak bergantung dengan sistem untuk belajar sehari-hari, anak online sangat-sangat bergantung dengan sistem yang masih suka down, nggak bisa posting, nggak bisa upload tugas dll, yang paling nyebelin kalau down nya pas di detik-detik akhir dead line hehehehe.

5. Mata kuliah yang banyak banget : well, saya nggak tahu persis seberapa beda deh mata kuliah anak online dengan reguler, yang saya tahu pasti anak reguler ngabisin 1 mata kuliah dalam waktu 1 semester, sedangkan anak online 1 mata kuliah itu hanya dikasih waktu 10 minggu which is 2 bulan.

6. Situasi dan kondisi : sebenernya agak bingung mau kasih point ini namanya apa heheheh, jadi gini kebanyakan anak online study adalah orang-orang yang biasanya sudah lebih dewasa (usianya), sudah memiliki profesi dan pekerjaan yang tidak jarang mapan. Dan justru dengan status kenyamanan yang ada anak online itu jadi nggak terlalu termotivasi untuk belajar dan yang penting lulus... nggak semua loh, tapi kebanyakan hehehe. Sedangkan anak reguler kan biasanya individu-individu yang memang masih terfokus untuk cuma belajar aja, nggak mikirin target perusahaan, nggak mikirin masak apaan tiap hari buat suami dll. 


Satu-satu nya yang pasti enak kuliah online ini yaitu deh belajarnya bisa dari mana saja dan kapan saja serta sambil ngapain aja... bebas deh, kita baru bangun tidur jawab pertanyaan dosen juga si dosen nggak bakal tahu kalo kita masih muka kasur.

Tapi ya demi meraih cita-cita *halah memang harus ada kan yang kita korbanin, walaupun harus banyak keluar keringet ngerjain tugas tiap minggu, makan hati kalau kebetulan sekelompok sama orang sok sibuk yang aslinya sih pemalas, harus nangis-nangis darah ngubungin admisi karena system yang suka down tetapi pada akhirnya kita akan berlabuh pada satu hal yang sangat diagungkan di negeri kita tercinta ini, yaitu Ijazah gelar S1.

Saya sendiri ada rasa bangga masih bisa bertahan di semester 5 ini dan nggak pernah kebayang untuk berhenti. karena lanjut kuliah ini merupakan salah satu impian saya dulu, rasanya saya nggak tau diri aja kalau saya tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Walaupun awal-awal sempat ada yang merendahkan, bahkan nunjuk kepala saya dan bilang "gw yakin loe nggak bakal selesai kuliah" hihihihihi, saya sih nyengir-nyengir aja... ACTION SPEAK LOUDER sist!.

Tujuan saya nulis ini bukan mau bikin kamu-kamu yang ada niat kuliah online jadi down, setidaknya ini justru jadi gambaran apakah kamu bener-bener mau serius kuliah atau cuma mau main-main saja?!, karena pengalaman saya sendiri di kelas online saya yang tadinya ada 30 orang sekarang cm 18 orang saja padahal masih semester 5. So think twice, its really worth to do... kalau memang kuliah adalah impian kamu DO IT! tapi harus sepenuh hati, jadi walau apapun arah rintangan yang ada kamu tetap survive.

12 komentar:

  1. Lanjutkan semangatmu Cath!!! Tapikan enak kuliah online bisa sambil jalan-jalan, hihihihi.... Baru tau kalo ada tugas kelompoknya. Beuh, tugas kelompok kuliah reguler aja penuh keresean apalagi yang online ya, I can imagine that...

    BalasHapus
  2. hahahha iya non, thank you... mau nggak mau ya harus mau semangat hihihi :D ampun dije non kalo soal tugas kelompok mah, bisa bacok2an wkwkwkwkkw

    BalasHapus
  3. kak mau tanya, bisakan ya setelah lulus dr BINUS OL kita ambil S2 yg reguler??? Thank u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Salsabila,

      Bisa kok, online dan reguler ini ijazahnya nggak beda, cm sistemnya aja beda... Jd klo lulus online dan mau lanjut S2 reguler sangat bisa say :) good luck and thx for visit my blog.

      Hapus
  4. Terus, sidang sama wisudanya gimana yah?
    Kebetulan udah mau lulus D3, mau lanjut ekstensi ke S1 tapi udah kerja, jadi bakal dikit waktu buat ke kampus. Walhasil jadi tertarik kuliah online deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Dika,

      Sidang dan Wisuda sama aja kayak anak reguler kok, cuma cara belajarnya aja yang beda... btw kalau sudah lulus D3 malah bisa lebih cepet tuh lulusnya... good luck ya, ayo lanjut lagi ke S1 :)

      Hapus
  5. Kk domisili di bkk ap indonesia? Klo bkk ada kesulitan mengatur pertemuan minggu ke 10/11? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ghina,

      Sorry for the late reply...

      Aku tinggal di Bangkok, so far nggak ada kesulitan kok say untuk datang onsite dan ujian, karena nanti kita akan dikasih kalender kuliah dimana kita sudah tau kapan aja harus dateng onsite dan ujian... temen2 aku yang kerja juga begitu.

      Good luck yah, semoga membantu.

      X,

      Hapus
  6. Kak mau tanya, jadwal kuliahnya jam berapa aja ya kalo kuliah online di binus?

    BalasHapus
  7. kalo ujian nya biasanya open book atau close book ?

    BalasHapus
  8. Waah khop khun khrap phi Cath untuk informasinya
    Masih bingung nih antara pilih kuliah online atau kelas karywan malam
    Hehe

    BalasHapus
  9. Kak susah gak dapet nilai bagus di binus online learning?

    BalasHapus