Mutiara dari Lombok (Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep)


Di bagian kedua ini saya akan bercerita tentang salah satu tempat yang kami kunjungi di Lombok, mungkin ada yang belum membaca bagian pertama postingan saya please Click here. In my opinion, Lombok masih belum terlalu maju seperti tetangga nya Bali, tapi arah menuju perbaikan tersebut ada... dari mulai banyaknya jalan yang sudah di aspal, adanya pembangunan hotel-hotel baru dan taksi yang mulai banyak.

Saya tinggal di Senggigi area, karena Senggigi ini merupakan main city untuk turis... sudah jauh lebih ramai yah kayak Seminyak lah, banyak hotel-hotel, restaurant, pantai dll. Area nya nice bisa untuk jalan kaki but better be careful karena banyaknya motor lalu lalang disini, oya... di Lombok ini yg naik motor kebanyakan adalah anak-anak usia pelajar dan yah begitulah cara mereka naik motor masih suka sembarangan.

Lets start the journey :

1. Air terjun Sendang Gile & Tiu Kelep :

Hari pertama kami memutuskan untuk explore Lombok utara, tepatnya ke kaki gunung Rinjani, perjalanan nya memakan waktu 3 jam dengan mobil, dan itu tanpa macet, sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan mulai dari pantai sampai ke pusat kota nya Lombok utara.

Sampai di obyek wisata yang lumayan dingin hawa nya kita akan dtawari jasa pemandu wisata untuk ke dalam air terjun, menurut saya pribadi kalo kita hanya ingin ke air terjun Sendang gile sebaiknya nggak usah pakai pemandu sih, tetapi kalau kita mau sampe ke Tiu kelep yang which is medan nya memang agak sulit sebaiknya pakai pemandu. Jangan kaget dengan harga yang ditawarkan untuk jasa pemandu ini, waktu saya kemarin mereka buka harga di Rp. 300,000 sampai akhirnya saya tawar-menawar menjadi Rp. 150,000 (inget ya harus tawar-menawar dan bilang saja kalo kita mau bayar tiket masuk sendiri, karena alasan harga pemandu mahal adalah tiket masuk mereka yang urus, padahal tiket masuknya murah banget).

Masuk ke Air terjun nya sendiri kita bayar Rp. 20,000, air terjun yang pertama kali kita bisa lihat adalah Sendang gile, airnya dingin sekali dan untuk sampai ketempat ini sangat mudah hanya sekitar 20 menit jalan kaki. Sebaiknya jangan terlalu lama menghabiskan waktu disini karena perjalanan masih panjang ke Tiu kelep, saya sendiri awalnya ragu kalau akan bisa sampai ke Tiu kelep untungnya saat itu tidak ada matahari dan udara yang sejuk sepertinya memberikan extra energy ke ke saya. Perjalanan ke Tiu kelep memang tidak mudah harus melewati bebatuan, naik tangga, dan nyebrang sungai.





 
Kira-kira 1 jam kami jalan kaki ke Tiu kelep and finally sampailah kita ke tempat yang katanya Indah and yes indeed, memang ternyata indah banget... airnya super dingin, unfortunately kami tidak bawa baju ganti andai bawa pasti saya dan suami sudah mandi disana, but we do still enjoy the place. So bawa baju ganti very highly recommended ya.



Sepanjang perjalanan kita memang jalan di dalam hutan, untungnya sudah ada beberapa infratrusktur yang dibangun dengan baik seperti tangga-tangga yang memudahkan kita untuk naik nggak perlu loncatin batu-batu dll, nggak semua sih karena ada bagian dimana kita harus lewatin lorong batu sempit, naik-naik ke batu nya juga plus nyebrang sungai, menakutkan? NO! its totally fun... perjalanan ini juga nyaman untuk anak-anak tapi untuk sekitar umur 8th keatas ya.






Harus melewati batu-batu besar ini dulu sebelum sampai.



Sesampainya di Tiu Kelep saya tercengang dengan besar nya aliran air terjun tersebut, its beautiful... sayangnya karena hujan sudah mulai turun kami tidak bisa lama-lama disana takutnya hujan deras dan air di sungai tempat kami menyebrang akan naik tinggi dan bisa-bisa nanti nggak bisa nyebrang sungai, so our guide menyarankan kami untuk segera kembali keatas.





Overall perjalanan ke tempat ini sangat menyenangkan, hanya saja persiapan kami kurang maksimal seperti tidak membawa pakain ganti, karena kami nggak tahu kalau medan nya lumayan susah and we're just thinking itu air terjun biasa, tetapi ternyata Tiu kelep itu air terjun yang luar biasa indah dan masih alami banget.

Next postingan saya akan cerita keseruan saya pergi ke Lombok barat, plus berkeliling gili dengan menyewa perahu. Please feel free to share atau kalau mau bertanya silahkan di kolom komen ya :)


Thank you for reading and visit my blog.



Love,
C





6 komentar:

  1. Ahh jadi kangen lombok. Kesana sm tmn2 kantor alias outing. Air terjunnya bagus yaa.. bersusah2 dahulu melewati batu2 besar sblm dpt hadiah air terjun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi ayu,

      Iyah bagus banget, walaupun dingin ya... kalau ke lombok lagi aku jg pasti balik kesini lagi.. btw thx for visit my blog ya yu.

      Hapus
  2. Hi kak,
    followback blog aku yaa
    beautyveller.blogspot.com

    maaci :)

    -Rona Permata-

    BalasHapus