Mutiara dari Lombok (Labuhan Haji dan Desa Banyumulek)



Hi Peeps,

Ini adalah bagian terakhir dari kisah perjalanan saya liburan ke Lombok, untuk kisah sebelumnya Click here, kali ini kita akan pergi semakin jauh hehehe di hari ke 5 saya memutuskan untuk pergi ke Lombok bagian Timur sampai ke daera Labuhan haji. Untuk mencapai tempat ini karena extra jauh kami di charge tambah biaya rental mobil sebesar Rp. 50,000, hampir 4 jam memang untuk sampai ketempat ini jadi yah wajar saja ya kalau di charge extra plus driver kami juga bilang jarang sekali tamu mengajak berkunjung ke Lombok timur, apalagi tamu asing, nah.... kenapa?? yuks kita mulai ceritanya.



 Kapal nelayan di Labuhan haji

Lombok dihuni sebagian besar penduduk dengan penganut agama Islam, masjid berdiri kokoh hampir di setiap meter, pemandangan masyarakat dengan hijab dan yang pria dengan sarung serta peci juga bukan pemandangan aneh lagi. Hanya di beberapa tempat seperti Senggigi tempat kami tinggal serta kota Mataram yang area nya sudah mulai campur dengan budaya lain. Pergi ke Lombok timur merupakan keputusan yang aneh, kenapa? karena 100% penduduk Lombok timur beragama Islam dan mereka termasuk yang fanatik (bukan extreme yah), plus belum adanya budaya luar yang masuk kedaerah ini membuat Lombok timur ini seolah-olah enggan dijamah oleh asing.

Gn. Rinjani yang berhasil suami sy abadikan dlm perjalanan di Lombok Timur

Sepanjang perjalanan saya memang merasakan sekali kentalnya nuansa Islami, dari masjid, suara Al-Quran dikumandangkan sampai melihat masyarakatnya yang bersiap menghadiri kegiatan Islami di daerahnya, bahkan sesampai di Labuhan haji saya yang memakai celana pendek langsung berubah pikiran untuk mengikatkan kain menutupi kaki saya, just bentuk respect terhadap masyarakat sekitar. Pantai di Labuhan haji sendiri cukup bagus, sayangnya kurang bersih.. sampah dimana-mana, yang spesial adalah kita bisa melihat pulau Sumba yang terletak persis di depan Labuhan haji ini. Suasananya sepi, ada sih beberapa penduduk lokal yang sedang berwisata but its totally out of turis asing.


Tidak lama kami berada di Labuhan haji, hanya istirahat sebentar sambil menikmati makan siang dari warung kecil yang menyediakan menu ikan bakar segar, and guess what???? It's totally killed!!! enak banget.... dan murah meriah. Setelah beristirahat sebentar kami melanjutkan perjalanan ke Desa Banyumulek, desa yang terkenal akan kerajinan tembikarnya, karena letaknya di Lombok barat, so kita harus "nyebrang" dar timur ke barat deh :)

Salah satu pengrajin di Desa Banyumulek

Desa Banyumulek menjadi destinasi wisata yang saya dan suami pilih karena kami penasaran dengan kerajinan tembikar yang terkenal berkualitas bagus di Lombok, perjalanannya ya lumayan jauh ya kalau dari Labuhan haji yang terletak di timur. Sesampai di Desa Banyumulek lumayan agak sore jadi mereka sudah lumayan sepi juga, buat kami sih ini advantage kan biar puas lihat-lihatnya.


Di Desa Banyumulek kita bisa melihat kerajinan gerabah di buat secara tradisional, mulai dari gelas-gelas, piring, celengan hingga kendi, ohya... di Banyumulek ini ada kendi ajaib loh :D pasti tahu ya kendi itu gimana? gerabah yang bentuknya kayak teko dan kalau isi air dari atas, nah kendi ala Desa Banyumulek ini ngisi air nya dari bawah guys... hehehe tumpah dong??? weits... tentu saja tidak, makannya dinamakan kendi ajaib :D. Saya membeli kendi ajaib ini beserta 4 gelas gerabahnya yang cantik-cantik, soal harga terjangkau banget deh.. mulai dr Rp. 20,000an sampai pastinya ada yang jutaan (vas bunga besar, gentong dll yang pasti ukurannya besar). 



Kalau tinggal di Lombok saya pasti seneng banget beli kerajinan tembikar disini, kwalitasnya bagus, modelnya unik dan harga terjangkau, sayangnya ada gentong besar yang saya sangat suka, tanya-tanya biaya kirim ke jakarta eh ternyata biaya kirim sama harga gentongnya mahalan biaya kirimnya hehehe pupuslah harapan saya, tapi buat kamu yang suka kerajinan tembikar yang unik-unik Desa Banyumulek di Lombok barat ini sayang untuk dilewatkan, jadi kamu harus kesini.

As always guys, please feel free to share but not copy paste :) Thank you for visit my blog and happy reading.



Love,
C


1 komentar:

  1. Amazing pictures!

    Please check my Blog!! :)

    http://www.alessabernal.com/

    Alessa Bernal :)

    BalasHapus