SAMPAH



Hi Peeps,

Tulisan ini mungkin nggak akan semenarik beauty review saya tentang lipstick purbasari, atau foto-foto indah liburan saya, tapi setidaknya I speak my mind, nggak melulu tentang kecantikan, bumi dan keindahannya atau kehidupan  spekta yang terlihat di Instagram :D

I come across my big camera photos dan berhenti di sebuah foto yang membuat saya jadi sedih, pasti tau ya cerita liburan saya di Lombok beberapa waktu lalu dan I agreed kalau Lombok itu pulau yang indah, tapi ada hal yang memang jadi concern saya and I've seen it everywhere including smell it too... yep SAMPAH, I don't know the system there but sampah terlihat dimana-mana bahkan di hotel tempat kami menginap.


Ketika kami menginap di Jayakarta Hotel memang beberapa hari cuaca tidak bersahabat di laut, kamar kami yang letaknya hanya beberapa meter dari bibir pantai pun sampai bergetar kacanya kena efek ombak yang memecah di daratan. Quite scary for me... karena angin juga kenceng banget, Di pagi hari selesai sarapan kami mencoba jalan dan melihat situasi di pantai, what a shocking!!! again SAMPAH and most of them are plastics.


Ada 2 orang petugas di hotel yang sedang membersihkan sampah-sampah yang menggunung itu, really only 2 persons for that big hotel... I don't know when its gonna finish but seems will take very long time to get it done. Kami berbincang dengan salah satu petugas hotel, dan si Bapak petugas hotel bilang sih sudah biasa deh kalau habis cuaca nggak bagus sampah-sampah dari lautan akan terbawa dan berakhir di tempat mereka.


Well masalah sampah ini pastinya bukan masalah yang baru, tapi buat saya kalo permasalahan ini sudah ada dari dulu dan nggak kelar-kelar berarti langkah perbaikannya kurang maksimal dan yang paling menyedihkannya masyrakat sendiri nggak nyadar-nyadar, nggak cuma di hotel tempat kami tinggal saja, di pantai-pantai lain pun banyak banget saya lihat sampah plastik... anyhow ini bisa dateng dari mana aja sih, nggak harus dari daerah Lombok big chance juga dari pulau Jawa.

Do you know guys ada 8 juta metrik ton sampah plastik diperkirakan masuk ke lautan setiap tahunnya, gosh.. I can't imagine that, butuh waktu jutaan tahun untuk plastik-plastik itu hancur dan tidak menjadi "Sampah" bagi bumi kita, I've just read new article yang bilang bahwa diperkirakan pada tahun 2050 jumlah sampah plastik di lautan akan lebih banyak dari jumlah ikan... ettttdahhh makan sampah dong ya kita?, really its serious matter. 

Image by Google

Talking abour plastic... I'm so happy now di Jakarta kalau kita mau plastic bag then we have to pay! it's a big step... walaupun harganya menurut saya masih kemurahan yak, kalo kata Ahok sih ke toilet aja bayar 2000 masak kantong plastik cuma 500! :D untuk awal-awal it's ok lah... Saya dan pasti kita semua mengerti ya nggak mungkin begitu saja stop pakai kantong plastik, tapi setidaknya kita bisa reduce a.k.a mengurangi, mengurangi pemakaian kantong plastik juga tindakan yang mulia loh, at least we are doing good for our self dan bumi ini, nggak usah deh mikir "ah tetangga gw aja masih pake kantong plastik", or "si B cuek-cuek aja tuh sama keadaan bumi, ngapain gw peduli", be honest... in my opinion I will not look into those peoples, for me yang penting saya melakukan bagian saya yang bisa saya lakukan untuk bumi ini tanpa harus membanding-bandingkan dengan orang lain. 

Lakukan karena kesadaran kita, karena kecintaan kita dan kepedulian kita dengan masa depan bumi, bayangkan kalau di tahun 2050 sampah yang ada lebih banyak dari ikan di lautan??? maybe most of all already died but how about our children? our grand child?.... and other future generation?... guys don't close your eyes, maybe we can't stop using plastic but at least we are willing to reduce and consider to change it with something more "friendly" to our environment.

Saya bukan aktifis sih, saya hanya butiran debu *halah yang peduli dengan bumi tempat saya berpijak, dahulu saya hanya rakyat biasa yang mikir "halah ngurusin hidup sendiri aja susah, ngapain ngurusin sampah", hehehe nggak ada yang nyuruh kita ngurusin sampah, kita cuma diminta melakukan hal-hal simple guys... contohnya buang sampah pada tempatnya, mengurangi pemakaian kantong plastik yang sekarang telah di dukung dengan diberlakukannya sistem kantong plastik berbayar, nah... its so easy kan??? dampaknya apa? pastinya kehidupan di bumi yang akan membaik kalau kita semua nih milyaran orang di muka bumi ini mau buang sampah dengan baik, mengurangi pemakaian plastik, kalo satu hari ngurangin pemakaian kantong plastik  1 biji aja udah berapa milyar coba setiap hari kantong plastik yang dikurangin?!.

Jangan berfikir small action dari diri kita sendiri nggak akan berdampak luas pada perbaikan kehidupan dibumi, justru semua itu dimulai dari hal terkecil untuk kita semua bisa melakukan hal lebih besar lagi demi kebaikan diri kita, semua makhluk hidup dan pastinya bumi tercinta ini.


Ps: Jangan lupa ya lovely ladies, ikut berpartisipasi dalam :



"Earth Hour 2016  at 8:30 PM- 9:30 PM on
Saturday, March 19"



Love,
C

3 komentar:

  1. Your blog is amazing! Would you like to follow each other on gfc? Please let me know on my blog so I can follow back :)

    https://chicporadnik.blogspot.com

    BalasHapus
  2. I like your blog do you want to follow each other? If yes let me know. http://andreanalens.blogspot.sk/

    BalasHapus
  3. Loving your blog <3
    Would you like to follow each other on gfc & g+? If you follow,let me know, i will follow back =))

    http://beautorgeousworld.blogspot.com/
    https://www.facebook.com/BeautorgeousWorld/

    BalasHapus