Budget Traveling Dari Bangkok ke Pattaya

Hola Peeps,

I'm back again... gosh I knew its been awhile, and sorry for that!!!, blog jadi nggak ke update lama, ada beberapa kerjaan juga jadi kepending :(. Cuaca di Bangkok akhir-akhir ini sangat extreme, bisa panas sampai 40 derajat, terus next day nya langsung hujan... karena itu badan saya juga drop, sakit hampir 2 minggu harus bed rest dan sekarangpun sisa-sisa nya masih saya rasakan (batuk-batuk) but at least I'm getting better.

Well, few weeks ago saya pergi ke Pattaya, tujuannya buat short escape sekaligus merasakan sensasi budget traveling kesana, karena banyak teman-teman saya yang menanyakan kalau nggak pakai paket tour gimana caranya untuk sampai ke Pattaya. Be honest that time saya selalu jawab kurang tahu, karena selama ini  pernah ke Pattaya tapi kami hired private taxi terus tinggal di private resort, jadi bener-bener saya have no idea how it feels like traveling ke Pattaya sana.

Cerita traveling saya kali ini bener-bener budget traveling, we go by bus... dan tinggal di budget hotel, and surprisingly it feels great!.. so I'm gonna start my story now guys... cekidot!!!

How to get there :
Kalo sekarang ada yang nanya "gampang nggak sih ke Pattaya dari Bangkok?" I will say BIG YES!!!, sangat gampang... dari Bangkok kita bisa naik bus, nah naik bus ini bisa dari 2 terminal yaitu Mochit bus station atau Ekamai bus station, yang mana yang gampang??, Ekamai bus station, kita tinggal naik BTS dan stop di BTS Ekamai Station, nah dari BTS station letak terminal bus nya hanya tinggal dibawah BTS.



Bus ke Pattaya

Harga tiket bus sangat murah, yaitu 108 baht ditambah tax jadi 120 baht a.k.a Rp. 45,000. Bus-nya sudah AC dan non stop artinya nggak akan banyak berhenti, langsung masuk Toll way. Ohya sedikit trick ada beberapa tiket penjualan untuk bus ke Pattaya, saya rekomen untuk beli di loket tiket yg terletak paling kanan dari arah kita masuk main building terminalnya. Karena ada satu lagi loket dengan tulisan express ke Pattaya tetapi mereka akan berhenti di beberapa spot untuk pick up or drop off people.



Loket pembelian tiket bus

Jam keberangkatan :
Don't worry!, bus ini berangkat setiap 30 menit sekali, jadi kalo kita ketinggalan bus ya its still convenient untuk ikut bus selanjutnya. Start dari jam 4 pagi sampai jam 10.30 malam untuk bus yang paling akhir, ohya... kita tidak bisa beli tiket PP langsung ya, but don't worry as long as kita dateng di jam operasional mereka pasti kita akan selalu kebagian bus.




Perjalanan sendiri dari Ekamai bus station memakan waktu kira-kira 2 jam sampai ke Pattaya dan paling lama sih 2,5 jam... perjalanan tanpa macet, bisa liat another landscape of Thailand terlebih daerah-daerah industrinya.

Setelah 2 jam lebih perjalanan akhirnya saya sampai di kota Pattaya, nggak jauh beda sama Bangkok cuma less high floor building saja. Daerah yang biasanya dikunjungi di Pattaya adalah Pattaya beach road, daerah tersebut merupakan centre of the tourist area, untuk sampai ke Pattaya beach road sangat mudah, jika kita sudah sampai di terminal bus Pattaya selanjutnya kita harus naik pick up car yang terparkir berjejer sepanjang terminal, biasanya kita akan share dengan penumpang lain tetapi kalau mau sendiri juga bisa asal mau bayar lebih.

Pick up car

Semua pick up car ini kebanyakan akan melewati Pattaya beach road, so doesn't matter which pick up car nanti kita akan ditanya oleh sang driver kemana kita mau pergi, ongkosnya sendiri sangat murah yaitu 40-60baht per-orang, tergantung dari banyaknya penumpang, kemarin karena full saya cuma dikenakan 40baht.

Akomodasi :

Dari Bangkok ke Pattaya kamu bisa return or stay untuk 1-2 malam... kalau saya kemarin stay 1 malam saja, hotel di Pattaya sangat banyak, dari yang murah-meriah sampai sekelas Hilton. Remember kalau kamu hanya short visit, saya rekomen untuk tinggal disepanjang Pattaya beach road nya biar bisa explore dan liat main "attraction" di Pattaya.

Saya stay di Baywalk Residence Hotel, letaknya tepat dipinggir Pattaya beach road dan dekat ke walking street Pattaya. Harga permalam disana saya book via Agoda $58/nite , nice budget hotel... dan clean. F.Y.I kalau mau tinggal di hotel under itu juga banyak... kamu nggak harus selalu booking in advance, kalau low season better just come and pilih deh hotel/hostel yang bertebaran disana, kita nggak akan pernah kekurangan.


Depan hotel kami menginap


 Untuk hotel $60/nite, its not bad at all


How about the Pattaya beach?, hmm... be honest pantai di Pattaya nggak terlalu menarik untuk saya, yes it is good tapi sudah banyak jadi satu sama speedboat untuk water sport, walaupun ada beberapa area yang dipasangi line untuk lebih aman berenang agar terbebas dari speedboat. Massive banget deh speedboat disana... menurut saya nggak seru aja berenang di pantai tapi dengerin suara speedboat lalu lalang, nggak relax!.








Menjelang malam paling seru ke Pattaya walking street, disana banyak berjejer restaurant seafood or bar-bar dan club malam, kita nggak harus masuk ke tempat-tempat itu, yang bikin seru adalah jalan kaki dan lihat banyak banget orang dari beda negara, beda budaya dan pastinya beda kelakuan. Psssttt... jangan makan seafood di walking street area, mereka mahal banget... kemarin saya harus merogoh kocek Rp.1jt untuk 2 orang yang cuma dapet kepiting 1, ikan bakar 1 dan kangkung... kalau di Jimbaran biasanya paling kami habis makan Rp.800ribu dan itupun kepitingnya sudah 2 biji yang geda-geda.







Terus kalau mau kembali ke Bangkok gimana?

Cara pulang kembali ke Bangkok juga gampang, tinggal stop aja pick up car yang lewat disepanjang Pattaya beach road dan tanya aja kalau mereka ke arah terminal bus, biasanya kalo dapat pick up car yang kosong mereka mau langsung ke terminal bus tapi kita bayar lebih sekitar 150 baht untuk 2 orang.

Overall saya enjoy banget trip kemarin, walaupun agak-agak kaget dengan suasana walking street dan Pattaya beach road yang kalau sudah malam bisa sangat ramai dan sibuk. Next week saya akan ke Pattaya lagi, nanti akan saya update kalau ada hal baru.




Love,
C


4 komentar:


  1. Hello! Thank you for your comment on my blog.
    I follow you.
    Let's be friends!
    Kisses!

    http://www.mirandabeautyworld.com/

    BalasHapus
  2. Budget travelling kayaknya kak. Aku belum pernah nyobain travelling kaya gitu. Pengeenn :D

    www.gadzotica.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh ayo gadis, traveling ga harus selalu mahal kok... xo

      Hapus
  3. Hi!
    Beautiful Post)
    Do you want to follow each other on GFC? Let me know in the comments and I'll follow you back))

    http://www.alinatheone.ru

    BalasHapus