Make up talk : Kapan sih make up itu expired?

Hello Beauties,


Happy bisa update lagi blog ini setelah bulan lalu saya full liburan, kali ini saya balik lagi dan topik pertama yang muncul di pikiran saya adalah expiration dates of make up, sebenernya ini terinspirasi juga dari pertanyaan salah satu teman ke saya yang dia nanya "kapan sih make up itu expired?, kok gw cek di packaging nya nggak ada ya?, jangan-jangan palsu lagi!". Weitsss.... tenang-tenang, itu bukan palsu kok, F.Y.I perusahaan kosmetik tidak diperlukan untuk mencetak tanggal kadaluarsa di produk yang di produksinya. Mengapa? karena tanggal kadaluarsa kosmetik biasanya tergantung dari kapan kosmetik itu mulai dibuka or dipakai.

As I mention above bukan berarti kita nggak bisa tahu kapan kosmetik itu kadaluarsa atau bukan berarti juga kosmetik itu palsu, ada beberapa merek kosmetik yang memberikan semacam label di packaging mereka, misalnya nih kalau kita baru beli make up dan masih di segel beberapa brand suka mencantumkan "12M" or "2Y", M itu untuk month, dan Y itu untuk Year, jadi dalam kasus ini kalo ada tulisan 12M berarti kosmetik tersebut expired nya 12 bulan lagi, atau 2Y berarti yah 2 tahun, btw perlu di ingat juga expired itu kebanyakan adalah dari tgl dimana kita membuka segel mereka atau setidaknya mulai menggunakan produk kosmetik tersebut. Lalu berapa lama sih biasanya kosmetik/make up yang kita punya itu expired?... here are some info for you beauties!

1. Maskara : biasanya life time nya si maskara ini adalah 2-3 bulan, atau at least sampai kamu noticed kalau tekstur maskaranya sudah mulai berubah atau berbau aneh, but for your safety just change it after 3 months.

2. Liquid Foundation & Concealer : life time nya 6-12 bulan, atau kalau kamu mulai noticed juga bahwa antara liquid dan color nya sudah mulai terpisah artinya mereka sudah nggak nge-blend jadi satu. Tips juga nih jauhkan kosmetik seperti foundi dan concealer ini dari sinar UV biar nggak gampang rusak.

3. Lipstick & Lip Gloss : Life time untuk lipstick 2 tahun dan untuk lip gloss 1 tahun, atau kalau lipstick kamu tekstur nya sudah mulai kering dan lip gloss jadi sticky banget, its time to throw them girls.

4. Powder, blush & eye shadow : life time untuk ketiga barang ini biasanya 2 tahun, untuk menjaga keawetan mereka jangan lupa untuk rajin membersihkan brush, atau make up applicator yang biasa kita pakai di ketiga kosmetik tersebut.

5. Nail polish : life time 1-2 tahun, if has separated into layers and won't blend after a quick shake, it's time to let it go!.

6. Fragrances : kayaknya ini yang paling awet deh :D bisa sampai 8-10 tahun, store them in cool, dark places to make them last longer!.

7. Lotion : life time lotion bisa last sampai 2 tahun, tapi kalau kita mulai noticed mereka berubah warna dan bau yah just say bye bye to it!.


Nah beauties, itu deh beberapa kosmetik atau make up dengan expiration date mereka... setelah ini coba deh cek di make up table kita atau bahkan di bathroom kalau ada kosmetik or make up yang sudah mulai bisa kita "gusur" keberadaan nya :) I'll do the same.


Thank you for visit my blog, dan semoga informasi ini bermanfaat... don't forget to follow my blog or sharing this article.





















Love,
C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar