17 Juli 2018

Kisah-Kasih Trimester Pertama Kehamilan (Part II)

Hamil minggu ke 4

Yes, Back again masih diseputaran kisah trimester awal kehamilan saya... Ohya, sebelum lanjut baca perlu di ingat yang gengs...
"Setiap pengalaman orang hamil berbeda-beda, walaupun sama namanya hamil tapi perjalanan selama kehamilan pasti nggak akan selalu sama, jadi disini bukan saya mau menggurui dan paling benar atau pengalaman soal kehamilan, ini adalah murni saya mau share pengalaman saya di Trimester awal kehamilan"

So kehamilan pertama ini buat saya something in beetween, maksudnya saya dan suami memang akhirnya memutuskan punya anak setelah 6 tahun bersama tetapi kita juga nggak ngoyo pengen secepatnya apalagi secepat ini :D iya jadi ini kehamilan yang cepet banget dan saya nggak nyangka karena background saya yang menggunakan alat kontrasepsi pill non stop selama 6 tahun (yuk nanti bahas soal minum pill dan pengaruh kesuburan). 

Pas tahu hamil saya surprise banget, bahagialah.. kok ya pas memutuskan punya anak pas juga dikasih, dan sangking overwhelmed nya sampai saya inget banget BB saya naik 5kg in less than 3 months :( karena terlalu bahagia dan kebawa suasana jadi lupa yang makan sangat-sangat nggak beraturan.

8 minggu pertama kehamilan nggak ada gejala yang berarti selain keinginan makan yang muncul tiap 3 jam sekali, nah setelah itu baru nyusul yang namanya ngidam or craving, craving saya sebenernya susah-susah gampang, susah kalau aja saya ketahuan hamil di Bangkok karena saya craving semua makanan indo yaitu jajanan-jajanan saya waktu masih SD :D

Image by Google

Mulai dari buah buni yang asem banget, maenan game jaman dulu Nintendo (saya sampai beli di Toped karena sangking pengennya dan harus maen Mario Bross) sampai gulali yang bisa dibentuk-bentuk jadi bunga plus rujak bebek, nah setelah minggu ke 8 juga saya mulai mual-mual, terlebih pagi sama malem hari... pas ngidam itu untung semua keturutan sih, jadi nggak ngerasa kesulitan banget, yang lucu ya ngidam rujak bebek itu tapi pas udah dapet boro-boro saya makan... jadi saya ngidam rujak bebek cuma ngidam pengen liat abang-abangnya bikin doang, hahahah pas udah jadi gitu agak geli sih karena agak kotor pikulan rujak bebeknya. 

Di minggu ke 9 saya mulai deh ngerasa lemes, nggak enak badan, mual, muntah dan saya ga suka dandan, males mandi, muka berminyak banget dan rambut juga super berminyak... pokoknya di week 9 itu semua mulai. Saya juga benci matahari, males keluar rumah... pernah sekali keluar rumah padahal cuma sebentar dan nggak ngelakuin kegiatan yang berat, ehhhh pulang sampai rumah langsung jatoh pingsan :( terus nggak suka naik mobil, rasanya kalau naik mobil pengen muntah eh kejadian deh waktu mau kontrol ke dokter, baru nyampe rumah sakit terus langsung ke toilet dan yessss keluar semua makanan saya, padahal sebelumnya saya jarang begitu kecuali kalau emang saya lagi sakit. 

Mood juga pasti berantakan, tapi saya ketolong banget sama self healing meditation yang kebetulan saya lagi ikutin saat itu yaitu T.A.T (Tapas Acupressure Technique by Reza Gunawan), meditasi itu saya lakuin sendiri tapi efeknya memang luar biasa sih, sampai sekarang saya masih T.A.T karena to be honest dimasa kehamilan ini bantu banget saya untuk menikmati kehamilan dari pada ngikutin mood yang berantakan.  (Let me know ya kalau mau aku share lebih lagi soal self healing mediation ini ).

Nah tidak seperti ibu-ibu hamil lainnya, diawal kehamilan saya harus periksa dokter setiap 2 minggu sekali, plus saya waktu itu minum penguat kandungan untuk 2 bulan pertama dari minggu ke 4 hamil. Alasannya? karena saya harus kembali ke Bangkok, jadi  pas ketahuan hamil itu saya berada di Jakarta, sempet nunda kembali ke Bangkok buat jaga si jabang bayi yang waktu itu masih muda banget. Di Jakarta saya pergi ke RS. Pondok Indah, kontrol tiap 2 minggu sekali plus ultrasound juga.

Dan ngomongin ultrasound ada yang bilang nggak boleh banyak-banyak, tapi pengalaman saya sampe dibulan ke 6 ini saya selalu rutin ultra sound termasuk sama dokter di Bangkok, dokter-dokter saya bilang nggak ada efek samping nya kecuali kalau kita ngelakuin yang 4D itupun oke kalau dilakukan hanya sekali selama kehamilan, nah makannya 4D emang cuma sekali doang kan. 

Ngelewatin semua pengalaman itu saya cuma berusaha selalu tenang, dan nggak berfikiran negatif... buat saya yang penting saya jaga baik selain janin juga pikiran kita harus positif, makannya saya bilang self healing meditation itu bantu banget deh... saya bisa lebih tenang, positif dan banyak yang bilang selama kehamilan ini saya emang keliatan enjoy banget. 

Next kita ngomongin soal makanan ya, dan mitos-mitos nya... plus info-info yang saya dapetin dari dokter saya di Bangkok plus gimana caranya saya menemukan dokter kandungan yang bikin saya tentram selalu walaupun nggak sesuai harapan (karena berharap dapet dokter cowok) eh cocoknya sama dokter cewek heheheh....



Love,
C


Share:

0 comments:

Posting Komentar