23 Juli 2018

UPDATED REVIEW : BINUS ONLINE LEARNING (S1)

Hello Peeps....

Beberapa temen lulus seangkatan, ini yg lulus nggak ada setengah dari kelas awal guys :D

Kita loncat dulu ya, dari cerita soal kehamilan ke review terbaru saya soal Binus (Universitas Bina Nusantara) Online Learning, why oh why?... karena saya sampai detik ini banyak banget dapat inbox masuk lewat email/instagram or komen di blog yang nanya-nanya soal BOL (Binus Online Learning) ini, so I was thinking buat bikin update'an terbarunya setelah tulisan saya di Tahun 2015 (Cekidot here) dan yup gw dah lulussssssss!!! lol...


Yas gw lulus tahun lalu (2017) di bulan September kalo nggak salah hahahah, jadi gini guys info basic soal BOL ini kalian bisa baca di tulisan gw yang pertama, di updated review ini gw lebih pengen share pengalaman gw secara menyeluruh selama 4th gw belajar.

Akhirnya setelah 4th 2 negara dan 2 kota.... :)

And yes ini review jujur gw jadi please jangan ada pihak yang merasa dirugikan, anggaplah curahan hati saya ini kalau ada yg nggak nyenengin yah jadi buat pembelajaran buat ningkatin pelayanan atau sistem lagi.

1. Pelayanan 
Jujur selama 4 tahun gw di Binus pelayanan untuk mahasiswa online ini emang kurang, kadang email ke admin nggak dibales-bales, telpon nggak diangkat, atau dibales tapi ya sekedar basa-basi aja, buat gw yang nggak bisa sekejap mata datengin admin di Jakarta karena gw tinggal di Bangkok kadang hal ini bikin gemes sampe marah dan sampe akhirnya gw males buat urusan sama admin, jadi kalau ada apa-apa yaudah gw terima nasib aja gitu nggak akan protes lagi, nggak akan email or bahkan telpon, karena percuma nggak ada follow up. 

Periode nyebelin yang terparah ya diawal-awal gw kuliah, sampe akhirnya saya menyerah dan better nggak berurusan apapun sama admin BOL, tapiiii ada tapi nya... di tahun ke 4 gw belajar pelayanan mereka agak berubah nih, lebih responsif semoga sekarang sih udah jauh lebih baik ya.

2. Learning Management System
Awal-awal join kuliah itu sering banget ada masalah, tapi makin kesini mereka makin memperbaiki sistem kok buat kita upload tugas or posting, lebih flexible... jadi misalnya pas deadline upload tugas dan LMS kita itu offline nanti kita dikasih kelonggaran buat upload tugas beberapa hari, waktu awal gw join gw masih inget ini kita kalo udah LMS offlline pas dead line kayaknya jalan satu-satu nya ya kirim email ke dosen.

3. Selama masa Skripsi
Masa skripsi nggak semenakutkan nama nya kok guys, buat yang jauh dapat banyak keringanan dari dosen pembimbing (tergantung dosennya), gw sendiri dapet keringanan banyak dimana bimbingan gw banyak lewat online or email, tapi tetep ya rasanya beda... enakan ketemu langsung sama dosen dari pada lewat online. 


Overall gw lega sih kuliah kelar tepat waktu (dengan memerlukan komitmen yang tinggi nih biar nggak ada mata kuliah yang ngulang), online learning ini memang solusi buat kita yang sibuk kerja atau tinggal jauh dimana kita pengen belajar di tempat yang bonafit lah (yah siapa sih yang nggak tau BINUS?), tapi jangan expect terlalu tinggi juga guys, namanya kuliah online ya walau enak flexible (katanya) tetep aja kan ada peraturan ada hal-hal yang buat kita nih yang tinggal jauh itu sangat nyebelin, jadi misalnya kita harus stay di Jakarta setiap term at least 2 kali weekend buat 1st weekend itu onsite ketemu dosen and next week nya baru ujian, nah kalau tinggal di Bandung mah enak tinggal sekejap mata sampe Jakarta, ada temen gw akhirnya harus nyerah karena dia di Kalimantan.. alasannya dia nggak mungkin 2 kali weekend ke Jakarta karena biaya yang nggak sedikit, dan tinggal di Jakarta selama seminggu juga mustahil secara dia kerja. Atau ada yang bertahan dengan mengorbankan nggak pernah ikut onsite demi menghemat waktu dan biaya tapi dateng pas ujian aja.


Pesen gw ya, serius-seriuslah belajar walaupun lo sibuk kerja, hargain temen sekelompok lo dan komunikasi kalo emang lo lagi nggak bisa ngerjain tugas kelompok or what so ever... jangan jadi temen yang nyebelin yang nyusahin temen lainnya yang mau lulus tepat waktu, serius guys cobaan terberat bukan di mata kuliah, tapi di tugas kelompok... nah buat kalian yang punya temen kelompok nyebelin (nggak komunikatif, suka ngilang dll kalau pas ada tugas kelompok, kagak usah di submit nama nya dalam tugas dan kasih tau ke dosen... nggak perlu mikirin perasaan temen yang males itu) hahahahah itu gw nulisnya dari hati terdalam banget yak lol (banyak pengalaman pahit soalnya... wkwkwkwk).





Love,
C

Share:

0 comments:

Posting Komentar